Rabu, 19 Oktober 2011

limbah yang bermanfaat

Rabu, 19 Oktober 2011 |
Keberadaan kertas dalam kehidupan manusia cukup penting, karena kertas berfungsi untuk mencatat ilmu pengetahuan, media untuk promosi perdagangan, sarana untuk menyampaikan pikiran serta gagasan, dan lain-lain. Di atas permukaannyalah terletak berbagai informasi yang ingin disampaikan berupa angka, tulisan atau gambar. Masalah utama yang dihadapi para produsen kertas sekarang ini yaitu masalah untuk mendapatkan dan menggunakan bahan-bahan yang cocok untuk pembuatan kertas, masalah bagaimana membuat bubur kertas dan membentuk kertas agar awet, dan masalah bagaimana membuat kertas yang halus atau enak untuk disentuh dan menarik untuk dilihat.

Di dalam membuat kertas daur ulang (limbah), bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif seperti alang-alang dan batang pohon pisang. Limbah-limbah ini ternyata dapat kita manfaatkan atau kita olah menjadi barang yang memiliki nilai komoditi tinggi seperti tempat tissu, kotak perhiasan, tas wanita, dan aneka kerajinan tangan lainnya.

Untuk membuat kerajinan tangan ini, pertama-tama yang harus dilakukan adalah kertas limbah tadi di potong kecil-kecil kemudian direndam di dalam air kurang lebih satu hari, kemudian setelah lunak diblender sampai menjadi bubur kertas. Setelah semua menjadi bubur, proses selanjutnya adalah dicetak dengan menggunakan alat cetak dari kawat kasa yang telah terpasang pada sebuah spanram dengan ukuran kurang lebih 21,5 cm x 33 cm. Batang pisang juga dapat di olah menjadi kertas, pertama-tama batang pisang dipotong kecil-kecil lalu di jemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah kering proses berikutnya adalah merebusnya sampai lunak, lalu di buat bubur (pulp) dengan cara di blender. Baru kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran kertas.

Proses terakhir adalah membentuk suatu kerajinan tangan dari kertas daur ulang tersebut dan untuk memperindah tampilan dikombinasikan dengan aneka pernak-pernik atau bahan rempah-rempah seperti kayu manis, lada, ketumbar dll. Rempah-rempah dan pernak-pernik tersebut disusun sedemikian rupa sehingga terbentuk sebuah hiasan yang menarik dan unik, dan terbentuk satu kesatuan yang artistik.

Untuk mengolah limbah-limbah tersebut dan memprosesnya menjadi suatu kerajinan tangan tidak dibutuhkan ketrampilan khusus. Biaya yang diperlukan untuk memproduksi kerajinan tangan ini pun relatif murah. Kegiatan ini juga berguna untuk mengisi waktu luang dan dapat dijadikan peluang usaha. Sebaiknya mulai dari sekarang kita memanfaatkan barang-barang hasil limbah menjadi barang yang berguna bagi kelangsungan kehidupan manusia. Dengan berkurangnya limbah-limbah yang ada, kenyamanan dan keselamatan manusia, hewan, dan tumbuhan dapat terjaga.


Related Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...

LINK TEMAN

  • darmian
  • mr darmianll
  • avan
  • mr avanll
  • Pengikut

     
    Copyright © perindustrian | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog